Selasa, 17 September 2013

Kunjungan Redaksi Part 2

Komunitas Paskibra Sekolah Surabaya kembali mengadakan kunjungan redaksi ke Jawa Pos di Gedung Graha Pena untuk belajar tentang proses produksi media cetak. Kunjungan kali ini diikuti Paskibra SMK Kal 2 Surabaya, Paskibra SMKN 8 Surabaya, Paskibra SMK Giki 1 dan Paskibra SMKN 10 Surabaya (13/9/2013).


Kegiatan kunjungan memang tidak bisa diikuti keseluruhan anggota komunitas, karena kuota pengunjung dibatasi hingga 100 siswa. Sehingga kegiatan ini harus dilakukan secara bertahap. Seandainya seluruh anggota komunitas ikut berkunjung, tentu akan merepotkan karena ruangan redaksi dipenuhi banyak siswa.

Paskibra SMK Giki 1 Surabaya 

Para anggota komunitas saling berkomunikasi dan berkoordinasi agar bisa melakukan kunjungan bersama. Para pelatih hanya mendampingi dan memberi pertimbangan tentang waktu pelaksanaan. Peserta kunjungan juga tidak full team terkait dengan jadwal belajar mengajar di sekolah masing-masing yang berbeda. Seperti di SMKN 8 Surabaya, kelas 10 masuk siang sehingga tidak bisa mengikuti kunjungan. Namun di lain waktu, anggota yang belum mengikuti kunjungan juga diagendakan untuk mengikuti kunjungan. 

 Di ruang redaksi Jawa Pos

Kegiatan semacam ini menjadi salah satu agenda Komunitas Paskibra Sekolah Surabaya untuk menambah wawasan. Tidak hanya pengetahuan jurnalistik, paskibra di komunitas ini juga disodori mengikuti kegiatan non PBB seperti workshop di bidang lingkungan dan lain-lain. Kegiatan tersebut selain sebagai penambah pengetahuan, juga mengakrabkan anggota komunitas yang terdiri dari berbagai sekolah.